Pencurian Besi Kabupaten Kampar Padam Listrik

Pencurian Besi Kabupaten Kampar Padam Listrik

Media Kampar – Pencurian Besi Kabupaten Kampar Padam Listrik. Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau dan Personel Polsek Siak Hulu menangkap pencuri besi tower milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) bertegangan tinggi di Kabupaten Kampar. Pelaku yang beranisial FS mencuri 25 besi batang tower sudah melakuian aksinya beberapa bulan lalu.

Akibat aksi pelaku pencurian besi tower ini, pasokan listrik di Kabupaten Kampar dan sejumlah daerah lainnya di Riau dan Sumatra terganggu. Sebab, tower PLN pendistribusi listrik di berbagai daerah itu roboh. Asep membeberkan, pencurian besi tower ini adalah atensi Kepala Polda Riau Irjen Mohammad Iqbal. Karena ulah pelaku mengakibatkan pasokan arus listrik ke sejumlah wilayah terganggu dari Pencurian Besi Kabupaten Kampar Padam Listrik.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau Komisaris Besar Asep Dermawan menegaskan, bahwa pihaknya membantu menangani pencurian terutama besi tower di Kampar dan Kota Dumai. Robohnya tower ini menyebabkan hilangnya beban pembangkit sebanyak 70 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 7 trip.

Baca Juga : Program Penanggulangan Pencegahan Karhutla Kabupaten Kampar

Pembangkit listrik ini menyuplai listrik ke sejumlah wilayah di Sumatera. Siak Hulu Komisaris Rusyandi sebagai Kapolsek setempat meminta doa supaya kasus ini segera terungkap dan menangkap para pelaku. Kabupaten Kampar tersangka mencuri besi tower untuk membeli narkotika, ucap Asep. Bagaimana tidak, beberapa besi penyanggah tower listrik bertegangan tinggi milik PLN dipreteli. Akibatnya, 2 tower roboh membuat listrik di area Pekanbaru serta sejumlah daerah lainnya terjerat padam. Pencurian besi tower masih dalam pantauan penyelidikan Polsek Siak Hulu.

Pelakunya belum tertangkap sehingga akhirnya terdengarlah oleh Kepala Polda Riau Irjen Mohammad Iqbal. Dia mengatakan “Saya perintahkan untuk secepatnya menangkap para pelakunya, 2 tower listrik PLN di Desa Kubang roboh. Setelah usai puncak peringatan Hari Bhayangkara, Iqbal langsung memberikan perintah agar Polres Kampar dan Polsek Siak Hulu segera dan secepatnya menangkap pelaku. Hal inilah yang menyebabkan gangguan aliran listrik yang masih berlangsung pada sejumlah daerah hingga saat ini. Hasil curian ini dijual ke penadah dengan harga murah dan setelah itu baru dipergunakan untuk membeli benda terlarang.

Baca Juga : Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Dihadiri Pj Bupati Kampar

“Pelaku di Kampar sudah tertangkap, di Kota Dumai juga,”kata Asep, Selasa petang, 16 Agustus 2022. Perbuatan dari pencurian ini di Desa Kubang, Kabupaten Kampar, tidak hanya merugikan satu dua orang saja. Tapi perbuatan yang hingga kini belum diketahui pelakunya itu bahkan merugikan beberapa kabupaten di Riau, bahkan Pulau Sumatera. Ternyata tersangka di Kampar ini merupakan residivis kasus narkoba, ucap Asep. Begitu dapat laporan, Polda langsung membantu Polres, dan akhirnya tertangkap,” ucap mantan Kapolres Kampar. Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat mengatakan, dua tower darurat itu dibuat agar pasokan listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *